FENOMENOLOGI ANTUSIASME MASYARKAT TULUNGAGUNG TERHADAP OLAHRAGA BOLA VOLI DAN EVEN TURNAMEN BOLA VOLI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Adji, Tito Pangesti (2021) FENOMENOLOGI ANTUSIASME MASYARKAT TULUNGAGUNG TERHADAP OLAHRAGA BOLA VOLI DAN EVEN TURNAMEN BOLA VOLI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_tito pangesti adji_19711251002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor apa saja yang membuat masyarakat di Kabupaten Tulungagung antusiasme terhadap olahraga bola voli, (2) faktor apa saja yang membuat masyarakat antusiasme untuk menyaksikan even turnamen bola voli yang diselenggarakan di wilayah Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di Kabupaten Tulungagung. Jumlah partisipan sebanyak 8 orang yang aktif dalam berbagai hal mengenai bola voli di Tulungagung dengan 4 kriteria yaitu: pelatih aktif, pemain aktif, penyelenggara even turnamen, dan penonton aktif. Teknik pengambilan partisipan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan beberapa prinsip etik yang diterapkan yaitu prinsip beneficence, justice dan prinsip autonomy. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam (indepth interview) dengan pertanyaan semi-terstruktur dengan peneliti sebagai instrumen penelitiannya. Penelitian ini menggunakan metode interpretasi data sembilan langkah Collaizi. Hasil penelitian sebagai berikut: faktor pertama terkait antusiasme masyarakat Tulungagung terhadap olahraga bola voli yaitu berisikan (1) kemudahan dalam mendapatkan akses informasi mengenai berbagai hal mengenai bola voli di Tulungangung, (2) tidak membutuhkan banyak pemain dan juga lahan yang luas untuk bermain, (3) lingkungan yang didominasi dengan sesama penyuka bola voli dan juga sarana yang mendukung untuk bermain bola voli, (4) intensitas bermain yang rutin dan aktif yang membuat semakin banyak yang menggemari bola voli, (5) sebagai sarana menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh yang ringan, ditambah lagi sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan bersama teman-teman latihan. Faktor kedua terkait antusiasme masyarakat Tulungagung terhadap even turnamen bola voli yang ada di Tulungagung yaitu berisikan (1) kemudahan mendapatkan akses informasi terkait even turnamen yang diselenggarakan di Tulungagung, (2) harga tiket yang terjangkau yang membuat masyarakat tidak terlalu keberatan dengan harga yang diberikan, (3) kualitas pemain yang bertanding, (4) sarana prasarana yang disajikan oleh pihak penyelenggara yang sudah lumayan bagus meski masih harus ditingkatkan lagi, (5) jarak tempat penyelenggaraan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Or. Mansur, M.S.
Uncontrolled Keywords: antusiasme, masyarakat, bola voli, even turnamen
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2021 08:24
Last Modified: 08 Nov 2021 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71288

Actions (login required)

View Item View Item