PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI YOGYAKARTA (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK WARDAH)

Susilowati, Tri (2021) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI YOGYAKARTA (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK WARDAH). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Tri Susilowati_17112141029.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen produk Wardah di Yogyakarta. Skala brand image dikembangkan dari teori Keller yang terdiri dari dimensi asosiasi kesukaan, kekuatan, dan keunikan. Skala loyalitas dikembangkan dari teori Oliver yang terdiri dari fase kognitif, afektif, konatif, dan tindakan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Tempat penelitian berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan subjek penelitian berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, nilai validitas dari skala brand image adalah 0,952 sedangkan validitas dari skala loyalitas konsumen adalah 0,783. Nilai reliabilitas dari skala brand image adalah 0,869 dan nilai reliabilitas dari skala loyalitas konsumen adalah 0,938. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image secara simultan mampu mempengaruhi loyalitas konsumen produk Wardah di Yogyakarta. Berdasarkan hasil uji regresi berganda, dimensi kesukaan merek dan keunikan merek dapat mempengaruhi loyalitas konsumen. Hasil uji regresi secara simultan menunjukkan nilai bahwa signifikansi/sig. 0,000 (< 0,005). Hasil uji regresi secara parsial, menunjukkan bahwa nilai sig. pada dimensi kesukaan merek sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), nilai sig. dimensi kekuatan merek sebesar 0,600 (0,600 > 0,05) dan nilai sig. dimensi keunikan merek sebesar 0,025 (0,025 < 0,05). Besarnya pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen adalah 65,4%. Persamaan garis regresi dari penelitian ini adalah Y = -7,930 + 1,881X1 + 0,227X2 + 0,641X3 berarti bahwa brand image memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas konsumen. Kata kunci: brand image, loyalitas konsumen, Wardah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
BAAKPSI
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 29 Jul 2021 01:19
Last Modified: 29 Jul 2021 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70912

Actions (login required)

View Item View Item