Model Evaluasi Keberagamaan Siswa dalam Pendidikan Agama Islam di SMA.

Karnadi, Karnadi and Mardapi, Djemari (2019) Model Evaluasi Keberagamaan Siswa dalam Pendidikan Agama Islam di SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-karnadi-10701261004.pdf-ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk model evaluasi keberagamaan siswa dalam PAI di SMA; dan (2) mengetahui keefektifan model evaluasi keberagamaan dalam PAI yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D, dilakukan melalui empat tahap, yaitu: tahap investigasi awal; tahap desain model; tahap Uji Coba, evaluasi dan revisi; dan tahap implementasi. Uji coba instrumen skala terbatas melibatkan 158 siswa, dan 515 siswa pada uji coba instrumen skala luas. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas isi instrumen evaluasi menggunakan formula Aiken. Pengujian validitas konstruk dan reliabilitas instrumen evaluasi menggunakan exploratory factor analysis (EFA) dan confirmatory factor analysis (CFA) dengan bantuan software Lisrel 8,71. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) produk model evaluasi keberagamaan siswa dalam PAI (Model EK-PAI) terdiri atas tiga komponen, yaitu evaluasi proses, output, dan outcome pembelajaran PAI, semuanya memiliki validitas isi yang baik dengan indeks Aiken minimum 0,810; (2) instrumen evaluasi model EK-PAI yang dikembangkan memiliki validitas konstruk yang baik, reliabilitas yang tinggi, dan fit dengan data empiris; (3) Model EK-PAI secara keseluruhan telah memenuhi syarat secara empiris sebagai model yang fit (goodness of fit), dibuktikan dengan p-value 0,95068, RMSEA 0,000, GFI 0,98, AGFI 0,96, NFI 0,99 dan CFI 1,00 yang semuanya memiliki nilai ≥ 0,90 berarti bahwa model hipotetik evaluasi process, output, dan outcome PAI memenuhi kriteria uji kecocokan sebagai Model EK-PAI; dan (4) penilaian pakar dan praktisi terhadap panduan penggunaan model evaluasi, prosedur evaluasi, dan perangkat instrumen evaluasi memberikan informasi yang tepat, efektif, dan praktis dapat digunakan sebagai Model EK-PAI di SMA.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, proses, output, outcome pembelajaran, pendidikan agama Islam.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:29
Last Modified: 26 Oct 2021 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70349

Actions (login required)

View Item View Item