TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDK KELAS VIII SMP NEGERI4 NGAGLIK

Fahmi, Rizal (2020) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDK KELAS VIII SMP NEGERI4 NGAGLIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX PRINT yudisium.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakpedulian pendidik dan peserta didik terhadap kemampuan motorik terlihat dari banyaknya peserta didik yang mengalami obesitas. Selain itu pendidik yang belum mengetahui/kesulitan dalam mengukur tingkat kemampuan motorik peserta didiknya. Penelitian ini dilakukan agar pendidik dan pihak yang terkait melihat kemampuan motorik anak sebagai bahan evaluasi agar dapat menyusun pembelajaran yang lebih baik. Tidak hanya dalam bidang akademik tetapi juga dalam bidang non-akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Ngaglik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode survei adalah metode yang diterapkan oleh peneliti untuk memperoleh data penelitian dengan teknik tes dan pengukuran. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik proporsive sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Ngaglik yang berjumlah 123 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini bejumlah 41 peserta didik. Penelitian ini menggunakan tes Barrow Motor Ability Test yang terdiri dari 6 tes yaitu standing board jump, sottball throw, zig-zag run, wall pass, medicine ball-put, dan run 60 yard. Hasil dari penelitian tingkat kemampuan motorik secara keseluruhan peserta didik SMP Negeri 4 Ngaglik adalah 0 peserta didik (0,00%) berada pada kategori kurang sekali, 4 peserta didik (9,76%) berada pada kategori kurang, 33 peserta didik (80,49%) berada pada kategori sedang, 4 peserta didik (9,76%) berada pada kategori baik, dan 0 peserta didik (0,00%)berada pada kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:02
Last Modified: 26 Aug 2020 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68802

Actions (login required)

View Item View Item