PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MELALUI REWARD STICKER PICTURED PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II A SD JAGERAN

Salsabila, Zulfa (2020) PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MELALUI REWARD STICKER PICTURED PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II A SD JAGERAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Zulfa Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa melalui reward sticker pictured pada pembelajaan tematik di kelas IIA SD Jageran. Reward sticker pictured digunakan untuk memberikan penghargaan pada siswa yang menunjukkan sikap kedisiplinan belajarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II A SD Jageran yang berjumlah 28 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi dan rubrik penelitian. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar pada siswa kelas II A SD Jageran. Kedisiplinan belajar siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran tematik dengan menggunakan reward sticker pictured, yaitu: (1) mengondisikan kelas, (2) memberikan apersepsi dan motivasi (3) menggunakan reward sticker pictured dalam upaya membina dan mengembangkan disipin siswa sesuai dengan kondisi psikologis peserta didik, (4) menggunakan reward dan punishment yang tepat dalam upaya meningkatkan disiplin belajar siswa dan (5) melaksanakan kegiatan refleksi dari proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil persentase jumlah siswa yang memiliki kategori tinggi dan sangat tinggi pada rata-rata persentase kedisiplinan siswa tiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 60,95% dan siklus II sebesar 77,98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan reward sticker pictured pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas II A SD Jageran. Kata kunci: kedisiplinan belajar, siswa, dan reward sticker pictured.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:37
Last Modified: 23 Jun 2020 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68350

Actions (login required)

View Item View Item