Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring terhadap Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa kelas VIII di MTs N 6 Bantul Yogyakarta.

Astuti, Laily Puji and Wangid, Muhammad Nur (2019) Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring terhadap Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa kelas VIII di MTs N 6 Bantul Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan efektivitas teknik cognitive restructuring pada: (1) peningkatan motivasi belajar dan (2) kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs N 6 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah experiment semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah 12 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan kemandirian belajar. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik cognitive restructuring efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII (sig.= 0,027<0,05); (2) teknik cognitive restructuring efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar (sig.= 0,024<0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik cognitive restructuring efektif dalam peningkatan motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs N 6 Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, motivasi belajar, teknik cognitive restructuring
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:53
Last Modified: 08 Nov 2021 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67804

Actions (login required)

View Item View Item