Ayuni, Despa and Setiawati, Farida Agus (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (927kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh informasi kebutuhan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, 2) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang sesuai untuk kemampuan berhitung, 3) mengetahui keefektivan media yang dihasilkan untuk kemampuan berhitung anak. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengambangan Dick & Carey. Tahap penelitian yang dilakukan 9 dari 10 tahap model pengembangan Dick & Carey, yaitu (1) identify instructional goal(s), (2) conduct instructional analysis, (3) analyze learners and contexts, (4) write performance objectives, (5) develop assessment instrument, (6) develop instructional strategy, (7) develop and select instructional materials, (8) design and conduct formative evaluation of instruction, (9) revise instruction. Subjek one-to-one evaluation sejumlah 3 orang anak pada satu sekolah. Subjek small group evaluation sejumlah 9 orang pada satu sekolah yang berbeda. Subjek field trial evaluation sejumlah satu kelas yaitu 15 orang pada satu sekolah yang berbeda. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskrispsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) pengembangan multimedia pembelajaran interaktif terdapat beberapa media di dalamnya seperti teks, audio, visual, warna, dan animasi. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan model tutorial. (2) Multimedia pembelajaran interaktif dikemas ke dalam compact disk yang terdapat elemen seperti teks, visual, warna, audio, dan animasi. Multimedia Pembelajaran interaktif yang dikembangkan dikatergorisaikan “sangat layak” digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. (3) Multimedia pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Nilai rata-rata pre-test 70,7 dan rata- rata post-test 95. Terlihat bahwa nilai rata-rata anak meningkat 26% setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini, kemampuan berhitung, media pembelajaran, multimedia pembelajaran interaktif. |
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:40 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66856 |
Actions (login required)
View Item |