Kartono, Kartono and Zamroni, Zamroni (2019) Peran Politik Lokal terhadap peningkatan Mutu Sekolah. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mengkaji peranan politik lokal dan upaya yang dilakukan sekolah dalam era otonomi daerah untuk meningkatkan mutu sekolah di Kabupaten Kebumen. Metode penelitian ini menggunakan tipe kualitatif multi kasus dengan langkah-langkah sebagai berikut. 1. pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan focus group discussion; 2. menguji keabsahan data dengan kriteria derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, kepastian, dan triangulasi; 3. proses analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan tiga temuan. Pertama, peranan elite lokal telah menjadi penggerak utama dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah Kabupaten Kebumen dengan mengubah pendanaan model revitalisasi menjadi dana stimulan. Ada gerakan perbaikan gedung sekolah, program pengentasan wajib belajar 9 tahun dan Dinas Pendidikan menjadi lebih dinamis. Kedua, upaya yang dilakukan oleh SMP Negeri 3 Kebumen dengan mengubah mindset guru, menyelenggarakan pelatihan dengan motivator untuk guru, pelaksanaan program pembelajaran mencapai maksimal (100 %), membangun fasilitas yang memadai dan nyaman, memediasi guru yang memiliki kebiasaan buruk menjadi baik agar mampu menumbuhkan kebersamaan dan berpikiran positif terhadap anak dan sesama guru, serta mengajak siswa refreshing dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh SMP VIP al-Huda Kebumen dengan memaksimalkan kinerja guru dan mendatangkan guru dari luar untuk melatih siswa memahami soal, kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar, guru menjalankan 5 M yakni mengasuh, mendidik, mengajar, menyiapkan dan menyampaikan pembelajaran, dan mendoakan secara batiniah atau mengikhtiarkan serta memberdayakan siswa yang pandai untuk membimbing teman yang kurang pintar.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | desentralisasi, mutu sekolah, peranan politik lokal. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 02:16 |
Last Modified: | 28 May 2021 05:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66120 |
Actions (login required)
View Item |