Diagnosis Kesalahan Peserta Didik Berbasis Penskoran Politomus dengan Partial Credit Model (PCM) dalam Menjawab Soal Matematika Kelas X SMA Negeri Kota Mataram.

Santika, Evhana Gina (2017) Diagnosis Kesalahan Peserta Didik Berbasis Penskoran Politomus dengan Partial Credit Model (PCM) dalam Menjawab Soal Matematika Kelas X SMA Negeri Kota Mataram. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-evana ghina santika-15701251035.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) karakteristik butir soal tes diagnostik yang digunakan pada mata pelajaran Matematika kelas X SMA; (2) tingkat kesalahan dari berbagai jenis kesalahan peserta didik dalam menjawab soal Matematika kelas X SMA; dan (3) faktor-faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menjawab soal matematika kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X dari delapan SMA Negeri di Kota Mataram. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik Proportionate Random Sampling dengan jumlah sampel uji coba sebanyak 350 dan sampel pengukuran sebanyak 450 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik matematika semester 1 kelas X SMA, angket, dan pedoman wawancara. Data dari hasil tes diagnostik dianalisis berdasarkan penskoran politomus dengan Partial Credit Model (PCM), sedangkan data dari hasil angket dan wawancara dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen tes diagnostik telah memenuhi validitas isi secara kualitatif dengan expert judgment, secara kuantitatif memperoleh indeks Aiken sebesar 0,848 (kategori tinggi), telah terbukti secara empiris fit dengan Partial Credit Model (PCM) berdasarkan data politomus lima kategori, indeks reliabilitas sebesar 0,92 (kategori tinggi), dan semua item yang terdapat dalam instrumen tes diagnostik berada pada tingkat kesukaran kategori sedang pada rentang nilai -0,44 sampai 0,63; (2) kesalahan representasi menjadi kesalahan yang dominan dengan persentase kesalahan sebesar 74%, kesalahan konsep sebesar 73%, kesalahan berhitung sebesar 70%, dan kesalahan prosedur sebesar 69%, kesalahan yang dominan terdapat pada soal-soal domain Sistem Pertidaksamaan Linier 2 Variabel dengan persentase kesalahan sebesar 79%, Pertidaksamaan Rasional dan Irasional 1 Variabel sebesar 73%, Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak sebesar 66%, dan Sistem Persamaan Linier 3 Variabel sebesar 65%; dan (3) sebagian besar peserta didik masih belum memahami bagaimana menyelesaikan permasalahan mengenai pertidaksamaan, menentukan faktor persamaan kuadrat, menentukan anggota himpunan penyelesaian, permasalahan mengenai grafik, dan menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan kemampuan interpretasi bahasa soal ke dalam model matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Diagnosis kesalahan, penskoran politomus, Partial Credit Model.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Sep 2019 04:57
Last Modified: 16 Sep 2019 04:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65871

Actions (login required)

View Item View Item