EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMK PERKEBUNAN MM 52 YOGYAKARTA

Asfarina Mutiara, Asfarina Mutiara (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMK PERKEBUNAN MM 52 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi tingkat kedisiplinan yang kurang baik dan juga adanya penurunan tingkat kedisiplinan pada siswa SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design dan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta sejumlah 16 orang yang masing-masing dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu tahap pra treatmen, treatmen, dan pasca treatmen. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala tingkat kedisiplinan siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistka non parametrik uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa (Asymp sig. 2-tailed 0,012<0,05) dengan taraf signifikansi 5%. Oleh karena itu, teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pada siswa SMK Perkebunan MM 52 Yogyakarta. Kata Kunci : teknik sosiodrama, kedisiplinan siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:35
Last Modified: 04 Sep 2019 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65657

Actions (login required)

View Item View Item