Nurhermawan, Wahyu Dimas (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KONSERVASI LUAS BANGUN DATAR MELALUI MEDIA BELAJAR TANGRAM SISWA KELAS 4B SD PANGGANG SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Wahyu Dimas Nurhermawan.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep matematis konservasi luas bangun datar melalui penerapan media belajar tangram pada peserta didik kelas 4B SD Panggang, Sedayu, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4B SD Panggang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu > 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis konservasi luas bangun datar dari siswa setelah menggunakan media tangram dalam pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sebesar 54% dari jumlah siswa meningkat menjadi 77% pada siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 68,8 kemudian meningkat menjadi 79,8 pada siklus II. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, konservasi luas bangun datar, tangram
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 00:59 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 00:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65204 |
Actions (login required)
View Item |