PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN AKTIVITAS WINDOW SHOPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA

Halimah, Siti Nur and Rahayu, Dwisiwi SR (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN AKTIVITAS WINDOW SHOPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan aktivitas Window Shopping terhadap peningkatan penguasaan materi fisika dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA; (2) mengetahui besar peningkatan penguasaan materi fisika dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA setelah mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan aktivitas Window Shopping. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Yogyakarta pada materi pokok alat optik. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Penelitian dilakukan di dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan aktivitas Window Shopping, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes penguasaan materi fisika dan keterampilan berpikir kritis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sampel T-Test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan aktivitas Window Shopping terhadap peningkatan penguasaan materi fisika dan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA; (2) setelah mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan aktivitas Window Shopping besar peningkatan penguasaan materi fisika adalah 0,65 dengan kategori sedang dan besar peningkatan keterampilan berpikir kritis adalah 0,62 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, TSTS, Window Shopping, penguasaan materi fisika, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 12 Aug 2019 06:26
Last Modified: 12 Aug 2019 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65128

Actions (login required)

View Item View Item