IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III A MI MA’ARIF DARUSSALAM TAHUN AJARAN 2018/2019

Hapsari, Amalia Putri (2019) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III A MI MA’ARIF DARUSSALAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Amalia Putri Hapsari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab adanya kesulitan membaca siswa kelas III. Kesulitan membaca adalah sebuah kondisi dimana peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam hal membaca permulaan dan membaca pemahaman yang terjadi karena adanya faktor-faktor penyebab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif desrkiptif dengan sumber data siswa yang mengalami kesulitan membaca sebanyak tiga siswa, guru wali kelas I, II, dan III dari siswa yang bersangkutan, kepala madrasah, serta orang tua siswa dari ketiga siswa yang mengalami kesulitan membaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dari subjek penelitian yang berjumlah tiga siswa menunjukkan tiga dari empat faktor sesuai dengan hasil penelitian dan pembahasan. Ketiga faktor tersebut adalah faktor psikologis, faktor sosio-ekonomi, dan faktor eksternal. Faktor psikologis terdiri dari: 1) emosi, 2) intelegensi, 3) konsep diri, 4) kemampuan berbahasa, 5) sikap dan minat, 6) kebiasaan membaca, 7) pengetahuan tentang cara membaca, dan 8) pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Faktor sosio ekonomi terdiri dari latar belakang sosial. Faktor eksternal terdiri dari: 1) penyelenggaraan pendidikan yang kurang tepat, dan 2) fasilitas yang disediakan. Kata kunci: kesulitan membaca, faktor-faktor, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:56
Last Modified: 22 Jul 2019 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64664

Actions (login required)

View Item View Item