UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI TEGGALPANGGUNG DANUREJAN YOGYAKARTA

Restika, Frian (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI TEGGALPANGGUNG DANUREJAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
FRIAN RESTIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman melalui metode SQ3R dan meningkatkan hasil proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman melalui metode SQ3R pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalpanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini 21 siswa kelas IVB SDN Tegalpanggung. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes isian singkat dan uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, proses pembelajaran melalui metode SQ3R mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman. Siswa sudah bisa menyebutkan fakta, definisi, dan konsep bacaan, menjelaskan makna tersurat dan tersirat, menjelaskan ari kata (istilah), menentukan ide pokok, dan menunjukkan contoh penerapan konsep, pengertian, atau pandangan. Peningkatan hasil pembelajaran membaca pemahaman melalui metode SQ3R dapat dilihat dari nilai rata-rata tes membaca pemahaman pada siklus I sebesar 68,57 mengalami peningkatan sebesar 9,05 sehingga pada siklus II nilai rata-rata menjadi 77,62. Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, metode SQ3R

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jun 2019 06:09
Last Modified: 11 Jun 2019 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64230

Actions (login required)

View Item View Item