PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DI KELAS II SD NEGERI KOTAGEDE 1

Nugraheni, Desynta (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DI KELAS II SD NEGERI KOTAGEDE 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Desynta Nugraheni.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa untuk pembelajaran menulis tegak bersambung yang layak digunakan untuk siswa kelas II SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan peneltian dan pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Penelitian ini hanya sampai tahap kesembilan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji lapangan awal, revisi, uji lapangan utama, revisi, uji lapangan operasional, revisi akhir. Subjek uji coba yaitu 13 siswa kelas IIA dan 29 siswa kelas IIB SDN Kotagede 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. LKS menulis tegak bersambung yang dihasilkan telah layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas II SD materi menulis tegak bersambung. Kelayakan bahan ajar LKS menulis tegak bersambung ini didasarkan pada ketercapaian kriteria minimal yakni “baik” yang telah terpenuhi dalam penilaian validasi dan uji coba. Hasil penelitian pada tahap penelitian dan pengumpulan data yakni menemukan permasalahan perlunya pengembangan sarana bahan ajar bagi siswa untuk berlatih menulis tegak bersambung. Hasil dari tahap perencanaan yakni menentukan subtema, alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat LKS. Hasil tahap desain yakni mendesain produk awal, membuat produk LKS dan melakukan validasi ahli materi dan ahli bahan ajar. Hasil validasi ahli materi mendapatkan rerata skor akhir 5,00 (sangat baik). Hasil validasi ahli bahan ajar mendapatkan rerata skor akhir 5,00 (sangat baik). Selanjutnya uji lapangan awal mendapat rerata skor 4,90 (sangat baik). Hasil uji lapangan utama mendapatkan skor 4,60 (sangat baik), dan uji lapangan operasional mendapatkan skor 4,54 (sangat baik). Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, keterampilan menulis, tegak bersambung

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 May 2019 03:19
Last Modified: 04 Oct 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64186

Actions (login required)

View Item View Item