PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN POLIGON TERTUTUP

Cahyani, Riska (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PENGGUNAAN TOTAL STATION UNTUK PENGUKURAN POLIGON TERTUTUP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. HALAMAN JUDUL COVER S.D DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan konsep media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran poligon tertutup; (2) Menghasilkan rancangan media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran poligon tertutup; (3) Memvalidasi media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran poligon tertutup; (4) Menyebarluaskan media pembelajaran berbasis video animasi pengukuran poligon tertutup. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) oleh Thiagarajan, meliputi empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket dengan skala likert 4 pilihan jawaban. Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli dan penilaian kelayakan oleh pengguna (mahasiswa). Data hasil angket dianalisis secara kuantitatif. Selanjutnya hasil analisis digunakan untuk revisi media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) diperoleh media pembelajaran berbasis video animasi dengan materi pengukuran poligon tertutup; (2) rancangan awal media terdiri dari lima menu utama; (3) berdasarkan penilaian ahli materi video pembelajaran masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor rata-rata 76,2 dan persentase 81,333%; berdasarkan penilaian ahli media video pembelajaran masuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor rata-rata 95 dan persentase kelayakan 91,378 %; berdasarkan penilaian pengguna (mahasiswa) video memperoleh skor rata-rata sebesar 87,182 dan persentase 87,275% kategori “sangat layak”; (4) penyebaran dilakukan dengan dua cara yaitu secara offline menggunakan flashdisk dan online melalui you tube.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, total station, poligon, penelitian R&D
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 May 2019 01:19
Last Modified: 20 May 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63856

Actions (login required)

View Item View Item