PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) DI SD N 3 KALIPETIR PENGASIH KULON PROGO

Febriantara, Refa (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) DI SD N 3 KALIPETIR PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Refa Febriantara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas VI SD N 3 Kalipetir, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan MC Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 3 Kalipetir yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan soal evaluasi. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase dan rerata nilai. Model yang digunakan adalah pembelajaran berbasis proyek, dengan langkah-langkah yaitu penentuan pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal, evaluasi pengalaman, menguji hasil, dan monitoring. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan. Pada pra siklus, rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 63,04 termasuk kategori cukup dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 8,60%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 75,6 dan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 69,56%. Siklus I belum memenuhi kriteria penelitian dan dilakukan perbaikan. Guru dan peneliti melakukan refleksi dan menegaskan penjelasan tentang proses pembelajaran berbasis proyek kepada siswa. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 93,39 termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut karena guru mempertegas langkah dalam membuat proyek dan adanya pembagian tugas dalam kelompok. Kata kunci: hasil belajar IPA, Pembelajaran Berbasis Proyek

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Mar 2019 02:14
Last Modified: 29 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63339

Actions (login required)

View Item View Item