UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI BANGIREJO I YOGYAKARTA

Muslihah, Mia Maratul (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI BANGIREJO I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Mia Maratul Muslihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika volume kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VB SDN Bangirejo 1 Yogyakarta semester II tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VB SD Negeri Bangirejo 1 Yogyakarta yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah minimal 80% dari total keseluruhan siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 65 dan persentase aktivitas siswa mencapai 75% kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika ranah afektif dan kognitif siswa kelas V SD Negeri Bangirejo 1 Yogyakarta. Pada pratindakan siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 9 siswa (33,33%). Siklus I siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 22 siswa (81,48%) dan persentase aktivitas siswa mencapai 68,35% kategori baik. Pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 25 siswa (92,59%) dan persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 81,65% kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar pratindakan ke siklus I sebesar 48,15%. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 11,11%. Kata kunci: hasil belajar matematika, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Feb 2019 05:00
Last Modified: 20 Feb 2019 05:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62796

Actions (login required)

View Item View Item