Estikhana, Isnaeni Heppi (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS VB SD MUHAMMADIYAH SANGONAN IV GODEAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Isnaeni Heppi Estikhana.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media flash card pada materi persiapan kemerdekaan dan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas VB. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan hasil pengamatan aktifitas siswa dan observasi penggunaan media flash card. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Pada pratindakan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 20%, sedangkan siswa yang belum tuntas 80%. Pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 47% dan siswa yang belum tuntas 53%. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 77%, sedangkan siswa yang belum tuntas 23%. Peningkatan juga terjadi pada hasil observasi siswa, pada siklus I mendapat skor dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II mendapat skor dengan kategori sangat baik. Kata kunci: hasil belajar, IPS, media flash card
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 11 Feb 2019 01:48 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 01:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62628 |
Actions (login required)
View Item |