Arifin, M. Muzayin (2018) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS VI TERHADAP PERMAINAN ROUNDERS DI SD N 1 PENGASIH KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI_M. Muzayin Arifin_14604224015.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman siswa kelas VI terhadap permainan rounders di SD N 1 Pengasih kecamatan Pengasih kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal. Populasi penelitian adalah siswa SD N 1 Pengasih kelas VI yang berjumlah 20 siswa dengan 13 siswa putra dan 7 siswa putri. Instrumen penelitian adalah soal sebanyak 35 butir dengan opsi pilihan jawaban benar dan salah. Uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment, keseluruhan 35 soal hasilnya terdapat 1 item soal yang gugur dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR 21 (Kuder Richardson). Teknik analisis data hasil perolehan jawaban soal benar dan dikategorikan dalam bentuk persentase melalui rumus penilaian acuan patokan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya tingkat pemahaman siswa kelas VI terhadap permainan rounders di SD N 1 Pengasih Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo, untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 7 siswa atau sebesar 35%; kategori “tinggi” sebanyak 10 siswa atau sebesar 50%; kategori “sedang” sebanyak 3 siswa atau 20%; kategori “rendah” sebanyak 0 siswa atau sebesar 0%; kategori “sangat rendah” sebanyak 0% atau sebesar 0%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Permainan Rounders. |
Subjects: | Olahraga Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 03:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62139 |
Actions (login required)
View Item |