Hartoko, Yosef (2018) PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, JENIS KELAMIN, UMUR, STATUS PERKAWINAN, DAN DAERAH TEMPAT TINGGAL TERHADAP LAMA MENCARI KERJA TENAGA KERJA TERDIDIK DI INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
Skripsi Yosef Hartoko 13804241041.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pelatihan, jenis kelamin, umur, status perkawinan dan daerah tempat tinggal terhadap lama mencari kerja tenaga kerja di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data Sakernas tahun 2015 dengan 13.130 sampel. Teknik analisis menggunakan analisis regresi robust agar memberikan hasil yang resisten terhadap pecilan. Data diolah dengan menggunakan Stata14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama mencari kerja tenaga kerja di Indonesia tahun 2015 dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pelatihan, jenis kelamin, umur, dan status perkawinan. Tingkat pendidikan, umur kuadrat, dan status perkawinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap lama mencari kerja di Indonesia. Pelatihan, jenis kelamin, dan umur berpengaruh positif dan signifikan terhadap lama mencari kerja di Indonesia. Sedangkan daerah tempat tinggal tidak berpengaruh signifikan terhadap lama mencari kerja di Indonesia. Besarnya pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan, jenis kelamin, umur, status perkawinan, dan daerah tempat tinggal terhadap lama mencari kerja tenaga kerja terdidik di Indonesia tahun 2015 sebesar 1,68% sedangkan sisanya 98,32% diterangkan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Mustofa, M.Sc (Dosen Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Lama Mencari Kerja, Tenaga Kerja Terdidik |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro Pendidikan > Aspek Pendidikan Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 04:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60741 |
Actions (login required)
View Item |