Indaryati, Diah (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN DAN SD NEGERI SERAYU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Tas_Dias Indaryati_14110241006.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Sapen dan SD N Serayu. Subyek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan orangtua siswa. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan karakter dilaksanakan melalui 3 program, yaitu PPK berbasis kelas, PPK berbasis budaya sekolah, dan PPK berbasis masyarakat. Kendala yang dialami dalam implementasi kebijakan pendidikan karakter di kedua sekolah tersebut yakni masih adanya beberapa siswa yang melakukan aktivitas sehari-hari tidak sesuai dengan pendidikan karakter yang diimplementasikan di sekolah, seperti seperti makan dan minum sambil berjalan. Kendala lainnya di SD N Serayu terkait dengan ketidakdisiplinan beberapa guru maupun siswa dalam jam kedatangan di sekolah.Ciri khas pelaksanaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Sapen adalah nilai kedisiplinannya, sedangkan di SDN Serayu pada nilai kepeduliaannya terhadap lingkungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, Penguatan Pendidikan Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 03:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 01:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60290 |
Actions (login required)
View Item |