Aeni, Lufizah (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS SISWA KELAS V SD 1 PADOKAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Lufizah Aeni.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas V SD 1 Padokan Bantul tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan variabel terikat hasil belajar kognitif IPS siswa kelas V SD 1 Padokan, dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Desain penelitiannya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1 Padokan, yang berjumlah 66 siswa, dan terdiri dari dua kelas. Kelas VA berjumlah 33 siswa sebagai kelas ekperimen, dan kelas VB 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes hasil belajar kognitif IPS. Teknik analisis data terdiri atas 3 tahap yaitu, tahap deskripsi data, tahap uji persyaratan analisis, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi distribusi data hasil belajar kognitif IPS siswa. Tahap prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji tahap hipotesis meliputi uji t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar kognitif IPS pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5 % (alpha = 0,05). Hasil penelitian ini adalah: pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think- Pair-Share (TPS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas V SD 1 Padokan Bantul tahun ajaran 2011/2012. Hal ini dilihat dengan adanya perbedaan hasil post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kata kunci: tipe Think-Pair-Share (TPS), hasil belajar kognitif IPS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Sep 2012 08:26 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5727 |
Actions (login required)
View Item |