Fadhillah Khoirurrosyid, Fadhillah Khoirurrosyid (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14520241004_FADHILAH KHOIRURROSYID_P.T.INFORMATIKA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PLT ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMK Negeri 1 Tempel yang beralamat di Jalan Magelang km 17, Jlegongan, Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Kegiatan PLT periode 2017 dilaksanakan pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dilaksanakan dengan tahapan metode meliputi: (1) Melakukan observasi kondisi lembaga, kondisi sekolah dan pembelajaran di kelas. (2) Melakukan persiapan pembelajaran dengan melengkapi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul Praktik, dan lainnya, dan (3) Melaksanakan praktik mengajar Sistem Operasi dan Administrasi Server ditambah dengan melakukan evaluasi dalam bentuk penilaian harian dan pekerjaan rumah. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di kelas X TKJ dan XI TKJ. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti mendampingi ekstrakurikuler pramuka, piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), piket di ruang piket, piket among siswa, inventarisasi buku-buku perpustakaan, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMK N 1 Tempel ini mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman menjadi seorang pendidik yang mana selain menghadapi peserta didik seorang pendidik juga harus menyiapkan buku ajar sebagai administrasi mengajar mengajar yang berisi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), modul pembelajaran dan lainnya. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Negeri 1 Tempel |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 04:01 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55452 |
Actions (login required)
View Item |