Pratiwi, Narmi (2018) ANALISIS KEUNTUNGAN INVESTASI PENDIDIKAN DI PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (2000-2009). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI NARMI PRATIWI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keuntungan investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2000-2009. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2000-2009 dengan sampel sebanyak 146 lulusan. Pengumpulan sampel menggunakan metode snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY dihitung menggunakan short-cut method hasil penelitian menunjukkan bahwa private rate of return sebesar 35,6% dan sosial rate of return sebesar 19,92%. Hal ini berarti investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY lebih menguntungkan sebagai bentuk investasi individu, terlihat dari gaji lulusan yang meningkat setelah lulus S1. (2) Investasi pendidikan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY dihitung menggunakan reverse cost-benefit method hasilnya menunjukkan bahwa investasi pendidikan dapat dilakukan pada tingkat suku bunga 7,81% karena manfaat yang diperoleh lulusan lebih besar daripada aspek biaya dan kerugian yang akan ditanggung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keuntungan investasi pendidikan, short-cut method, private rate of return, sosial rate of return, reverse cost-benefit method |
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 03:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55331 |
Actions (login required)
View Item |