IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DI DESA PAGERHARJO KABUPATEN KULON PROGO

Susilawati, Susilawati (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DI DESA PAGERHARJO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
1.TAS_Susilawati_13110241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan berbasis budaya di Desa Pagerharjo Kabupaten Kulon Progo, serta faktor pendukung dan penghambat dari proses implementasi kebijakan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah kepala desa, kepala dusun, ketua seni budaya, ketua karang taruna dan peserta kegiatan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi kebijakan pendidikan berbasis budaya di desa Pagerharjo Kabupaten Kulon Progo, selama ini belum dimanajemen secara terperinci dan tertulis baik terkait pelaksana, keuangan, prosedur kerja, implementasi kebijakan baru himbauan dari pemerintah desa dan dan secara mandiri diaplikasikan langsung oleh masyarakat. Pengaplikasiannya sendiri melalui proses sosialisasi, pemberian contoh dan pembiasaan, melalui kegiatan sosial budaya serta pemenuhan sarana dan prasarana guna mendukung progam kegiatan desa. Pelaksanaan progam memperhatikan empat variabel pokok meliputi: a) komunikasi dibangun melalui sosialisasi dan koordinasi perangkat desa, dusun dan organisasi masyarakat; b) sumber daya baik manusia, dana, terlebih sarana prasarana sudah tersedia; c) disposisi yang meliputi respon dan komitmen masyarakat positif untuk terlibat; d) Struktur birokrasi khususnya dalam organisasi masyarakat turut dilibatkan dan bertanggungjawab atas berjalannya progam kegiatan. 2) faktor pendukung meliputi: tujuan bersama yang jelas, pemahaman pendidikan budaya; progam kegiatan penunjang; organisasi masyarakat; partisipasi masyarakat; sarana dan prasarana. Faktor penghambat meliputi, berpartisipasi masih musiman, orientasi masyarakat pada keuntungan, belum ada pedoman pelaksanaan pendidikan budaya, serta pengaruh negatif arus global dan perkembagan teknologi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 06 Feb 2018 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 15:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55063

Actions (login required)

View Item View Item