PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DANA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU (Studi Kasus pada Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman)

LANDIA RANI, ASTITI (2018) PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DANA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU (Studi Kasus pada Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
12803241026_skripsi.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Partisipasi Anggaran Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman dalam Penyusunan Anggaran Dana Sekolah, 2)Faktor Partisipasi Anggaran yang memengaruhi Kepuasan Kerja Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman dalam Penyusunan Anggaran Dana Sekolah, 3)Pengaruh Partisipasi dalam Penyusunan Anggaran Dana Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 76 orang Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrumen penelitian di Kabupaten Bantul. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui yaitu (1)Partisipasi Anggaran Guru Akuntansi SMK Se-Kabupaten Sleman dalam penyusunan anggaran dana sekolah sebesar 70,67%. (2)Faktor Partisipasi Anggaran yang memengaruhi kepuasan kerja guru dalam penyusunan anggaran sekolah adalah (a)Kontribusi guru dalam penyusunan anggaran,(b)Frekuensi keterlibatan dalam penyusunan anggaran, (c)Besarnya pengaruh yang dirasakan guru dalam penyusunan anggaran. (3)Partisipasi dalam Penyusunan Anggaran Dana Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja Guru Akuntansi SMK se-Kabupaten Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,407 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,166 berarti partisipasi anggaran memiliki kontribusi sebesar 16,6% terhadap kepuasan kerja guru dan 83,4% ditentukan oleh faktor lain serta persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ= 74,690 + 0,7X dengan t hitung (3,835) > t tabel (1,995) pada taraf signifikansi 5% (0,05) yang berarti jika nilai partisipasi anggaran meningkat 1 point maka nilai kepuasan kerja guru juga akan meningkat sebesar 0,3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggaran, Guru Akuntansi, Kepuasan Kerja
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Jan 2018 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55017

Actions (login required)

View Item View Item