PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PUCUNGROTO KAJORAN MAGELANG

Wicaksono, Setiawan Arif (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PUCUNGROTO KAJORAN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Setiawan Arif Wicaksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri Pucungroto tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan Model Pembelajaran Tari Bambu. Peningkatan yang dimaksud adalah peningkatan jumlah ketuntasan nilai siswa dengan model pembelajaran tersebut agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian menggunakan Kemmis dan MC Taggart. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pucungroto yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas. Peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia dapat ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah ketuntasan siswa siklus I sebesar 1 siswa yang sebelumnya pada pra tindakan sejumlah 10 siswa (37,04 %) menjadi 11 siswa (40,74 %) tuntas KKM pada siklus I, sedangkan peningkatan ketuntasan siswa hasil belajar IPS pada siklus II sebesar 15 siswa yang pada siklus I sejumlah 11 siswa (40,74 %) menjadi 26 siswa (96,3 %) tuntas KKM pada siklus II. Kata kunci: Peningkatan hasil belajar IPS, Tari Bambu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2017 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54077

Actions (login required)

View Item View Item