PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING MATERI PENGARUH pH TERHADAP ZAT WARNA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

M. Hilmi, Fathurrauf (2017) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING MATERI PENGARUH pH TERHADAP ZAT WARNA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-HILMI-13511244006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan video pembelajaran Student Centered Learning materi pengaruh pH terhadap zat warna pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di SMK Negeri 4 Yogyakarta. 2)Mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran Student Centered Learning materi pengaruh pH terhadap zat warna pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di SMK Negeri 4 Yogyakarta berdasarkan ahli materi, ahli media, dan calon user. Penelitian dilaksanaan pada bulan Februari - Juli 2017dengan tempat penelitian di SMK Negeri 4 Yogyakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan pendekatan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Analisa data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menemukan: 1) Video pembelajaran SCL materi pengaruh pH terhadap zat warna pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di SMK Negeri 4 Yogyakarta yang dikembangkan memiliki durasi 16 menit. Video berisi tentang pengujian perubahan zat warna sayuran dengan perlakuan pH yang berbeda. Pada tahap define ditentukan materi yang akan digunakan untuk penelitian yaitu pengaruh pH terhadap zat warna. Pada tahap design materi dibuat menjadi script video. Pada tahap develop script video diimplementasikan menjadi video pembelajaran dan dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media dan calon user. Pada tahap disseminate video disebarluaskan dengan mengunggah ke situs YouTube pada channel Pendidikan Teknik Boga - Universitas Negeri Yogyakarta dengan URL https://goo.gl/HvLbzw. 2) Hasil nilai kelayakan video pembelajaran SCL materi pengaruh pH terhadap zat warna pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di SMK Negeri 4 Yogyakarta oleh ahli materi adalah 3,1 dengan kategori layak, oleh ahli media adalah 4 dengan kategori sangat layak, dan oleh calon user adalah 3,23 dengan kategori layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Student Centered Learning, Zat Warna, pH
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2017 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53778

Actions (login required)

View Item View Item