Evaluasi Pelaksanaan Peer Assisted Learning Program di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Nurvitasari, Vivi (2017) Evaluasi Pelaksanaan Peer Assisted Learning Program di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-vivi nurvitasari-15701251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Peer Assisted Learning Program (PALP) di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan Peer Assisted Learning Program (PALP) yang meliputi Context, Input, Process, dan Product. Sumber informasi penelitian ini adalah peserta PALP (mahasiswa semester 1), mentor PALP, dosen pendamping PALP dan Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar checklist dokumen yang sudah divalidasi dengan teknik expert judgment dan formula V Aiken. Validitas konstruk angket dihitung dengan teknik analisis faktor eksploratori dan reliabilitas angket diestimasi dengan rumus Cronbach Alpha. Reliabilitas lembar observasi menggunakan formula Cohen Kappa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konteks yang terdiri dari tujuan PALP, animo peserta, dan manfaat program bagi peserta berada dalam kategori “Baik”, (2) hasil evaluasi input menunjukkan bahwa Sumber Daya Manusia yang terlibat langsung dalam pelaksanaan PALP perlu ditingkatkan, (3) hasil proses pelaksanaan PALP telah berjalan dengan “Baik”, dan (4) hasil produk menunjukkan adanya perbedaan hasil prestasi akademik sebelum dan sesudah peserta mengikuti program yang dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest. Selain itu, kemampuan sosial dan kepercayaan diri mahasiswa juga meningkat setelah mengikuti PALP. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Peer Assisted Learning Program di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sudah berjalan dengan baik, sehingga pelaksanaan program tersebut dapat dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Peer Assisted Learning Program (PALP), Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Oct 2017 06:40
Last Modified: 20 Jun 2022 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53688

Actions (login required)

View Item View Item