Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Belajar Membaca Permulaan Anak TK Kelompok B Di TK Negeri 2 Kota Yogyakarta.

Widodo, Sri (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Belajar Membaca Permulaan Anak TK Kelompok B Di TK Negeri 2 Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-widodo-14707251034.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif yang layak untuk belajar membaca permulaan anak TK Kelompok B dan (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak TK Kelompok B. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) diadaptasi dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada uji alpha dilakukan penilaian oleh dua ahli materi dan dua ahli media untuk mengetahui kelayakan produk. Selanjutnya dilakukan uji beta terhadap 17 anak kelompok B sebagai subjek uji coba di TK Negeri 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan berupa soft file berbasis game memenuhi kriteria sangat layak digunakan ditinjau dari hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,85 dan ahli media 3,37, dan (2) keefektifan multimedia pembelajaran interaktif dibuktikan melalui perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan sig < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, membaca permulaan, TK
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:40
Last Modified: 09 May 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53674

Actions (login required)

View Item View Item