Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Practical Skills Peserta Didik Kelas X SMA/MA

Kenanga, Arie Senja (2017) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Practical Skills Peserta Didik Kelas X SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arie-senja-kenanga-15728251009.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan penerapan model project based learning (PjBL) dengan direct instruction materi larutan elektrolit dan non-elektrolit terhadap kemampuan berpikir kreatif dan practical skills peserta didik kelas X MAN 3 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuasi eksperimen menggunakan nonequivalen control group design (pretest-postest control group). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kemampuan kognitif, waktu belajar, lingkungan belajar, dan guru yang mengajar sama, diperoleh kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang berjumlah 60 peserta didik. Kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PjBL, dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan direct instruction. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik diukur menggunakan tes uraian, dan practical skills diukur menggunakan teknik observasi. Hasil tes dan observasi dianalisis statistik menggunakan uji manova dengan program komputer software SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan penerapan model PjBL dengan direct instruction materi larutan elektrolit dan non-elektrolit terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan nilai R2= 0,135 dan practical skills dengan nilai R2 = 0,483 peserta didik kelas X MAN 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 00:15
Last Modified: 29 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52963

Actions (login required)

View Item View Item