Yusuf, Rofiah and Murdanu, Murdanu (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
|
Text
2. BAB I.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
Text
ABSTRAK.docx Download (29kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika dan mendeskripsikan kualitas media pembelajaran ditinjau dari aspek valid, parktis, dan efektif. Media pembelajaran matematika yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan alat peraga bingkai garis sudut yang berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) dalam membelajarkan materi garis dan sudut KD.3.13 dan KD.4.13 untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 5 fase yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi atau konstruksi (realization or construction), fase tes, evaluasi, dan revisi (test, evaluation, and revision), dan fase implementasi (implementation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Mlati tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 32 orang dan diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebanyak 90,62% yang menujukkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid sebagai alat bantu belajar bagi siswa kelas VII SMP dalam mempelajari materi garis dan sudut KD.3.13 dan KD.4.13; (2) media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis yang memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran; (3) media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan ketercapaiannya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang memenuhi aspek valid, praktis, dan efektif ini dapat digunakan dengan baik di lapangan. Kata kunci: garis dan sudut, LKS dan alat peraga bingkai garis sudut, Problem Based Learning, model Plomp.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 01:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52234 |
Actions (login required)
View Item |