PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SE-GUGUS GROJOGAN SEWU SUKOHARJO

Swasono, Karina Ratri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SE-GUGUS GROJOGAN SEWU SUKOHARJO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Karina Ratri Swasono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V se-Gugus Grojogan Sewu Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, khususnya pendekatan quasy eksperimen, dengan bentuk non equivalent control group design. Sebelum penelitian, peneliti melakukan uji validitas instrumen yang berupa validitas konstruk dan uji validitas empiris, dari uji validitas tersebut diperoleh 45 butir pernyataan yang digunakan dalam penelitian. Sampel penelitian ini siswa kelas V A SD Negeri Telukan 2 dan siswa kelas V SD Negeri Pandeyan 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap. Rumus teknik analisis data yang digunakan adalah t test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada kelompok eksperimen terhadap sikap tanggung jawab. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil t test post test pada taraf signifikasi 5% diperoleh t hitung sebesar 2,596 yang lebih besar dari t tabel yaitu 2,021. Metode ceramah bervariasi pada kelompok kontrol tidak berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil t test pre test pada taraf signifikasi 5% diperoleh t hitung 1,526 lebih kecil dari t tabel yaitu 2,021 sehingga metode ceramah bervariasi tidak berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, group investigation (GI), sikap tanggung jawab

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:52
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51898

Actions (login required)

View Item View Item