Khotimah, Khusnul (2017) PENDIDIKAN NILAI NASIONALISME DI KELAS V SD NEGERI 1 PANDOWAN GALUR KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
Khusnul Khotimah.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme di kelas V SD Negeri 1 Pandowan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Pandowan dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru di kelas V, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan komponen analisis data konsep Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme di kelas V SD Negeri 1 Pandowan dilakukan melalui: 1) pendekatan pendidikan nilai yang meliputi pendekatan penanaman nilai, keteladanan pendidik, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat; 2) pengintegrasian dalam pembelajaran tematik, agama Islam, penjaskes dan menciptakan pembelajaran aktif serta pemberian bantuan kepada siswa; dan 3) budaya sekolah yang meliputi kebijakan sekolah, program sekolah, peraturan, pembiasaan, kegiatan kokurikuler, dan ektrakurikuler. Kata kunci: pendidikan nilai, nasionalisme.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 05:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |