LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN

Anggraini, Seftika (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13301241013_Seftika Anggraini.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Tujuan dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah melatih dan menyiapkan mahasiswa dalam rangka menerapkan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Dengan tujuan tersebut diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman menjadi seorang pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Praktikan atau mahasiswa PPL mengajarkan mata pelajaran sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dalam hal ini mahasiswa praktikan mengajarkan mata pelajaran matematika yang pelaksanaannya di SMA Negeri 1 Jogonalan. Tidak hanya mengajar, tetapi mahasiswa juga mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, seperti upacara bendera, pembinaan guru, dan jalan sehat. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa dalam PPL meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh UNY dan yang diprogramkan secara individu. Kegiatan tersebut meliputi Pengajaran Mikro atau Micro Teaching, pembekalan yang dilakukan oleh LPPMP, pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPP dan media pembelajaran, serta praktik mengajar di sekolah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa praktikan, meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan-hambatan yang segera dapat dicari penyelesaiannya dengan bimbingan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing. Hasil dari kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Jogonalan antara lain praktik mengajar mata pelajaran matematika sebanyak 11 kali tatap muka, diantaranya enam kali di kelas X MIPA 1, dua kali di kelas XI IPA 2, satu kali di kelas XI IPA 4, satu kali di kelas XII IPA 2, dan satu kali di kelas XII IPA 3. Selain itu, juga dilaksanakan satu kali ulangan harian dan satu kali remidial test. PPL di SMP Negeri 3 Godean tidak selalu berjalan dengan mulus, terkadang ada hambatan kecil yang harus dilalui, tetapi semua dapat teratasi dengan adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah seperti pihak birokrasi, guru pembimbing, dan juga siswa. Dengan demikian kegiatan PPL dapat memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun mahasiswa PPL dalam rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan menjadi seorang pendidik sebelum akhirnya terjun ke masyarakat secara langsung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Jogonalan, Matematika
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51688

Actions (login required)

View Item View Item