Dwi Susilo, Andhi (2017) PERAN KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENUNJANG KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
Andhi Dwi Susilo_13604221057.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta masih bertumpu dan bergantung pada satu guru pemandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam menunjang kompetensi guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket tertutup sebanyak 30 butir. Hasil uji coba seluruh butir adalah valid, koefisien korelasi semua item/ butir dengan skor total di peroleh hasil keseluruhan di atas “0,3”; angket juga reliabel karena pengujian ke efisien reliabilitas instrumen hasilnya di atas ke efisien reliabilitas minimal (0,71 > 0,6). Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket secara langsung kepada guru pendidikan jasmani SD Negeri se-Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hasil peran kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam menunjang kompetensi guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta, untuk kategori “baik sekali” sebesar 9,10 %; kategori “baik” sebesar 22,73 %; kategori “sedang” sebesar 27,27 %; kategori “kurang” sebesar 36,36 %; dan kategori “kurang sekali” sebesar 4,54 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran KKG, Kompetensi, Guru Penjas, Sekolah Dasar |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 06:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50669 |
Actions (login required)
View Item |