PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Heni, Dwi Lestari (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HENI DWI LESTARI_13803244005.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi, 2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi, 3) Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2016/2017 berjumlah 145 siswa, dengan sampel berjunlah 106 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data Prestasi Belajar Komputer Akuntansi, angket digunakan untuk memperoleh data variabel Gaya Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru. Uji coba instrumen dilakukan di sekolah yang sama yaitu di SMK Negeri 1 Jogonalan dengan jumlah siswa 39. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan korelasi Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi dengan koefisien korelasi (rx1y)= 0,292; koefisien determinasi (r2x1y)= 0,085; thitung = 3,109 > ttabel = 1,659; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi dengan koefisien korelasi (rx2y)= 0,457; koefisien determinasi (r2x2y)= 0,209; thitung = 5,243 > ttabel = 1,659; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi dengan koefisien korelasi (Ry(1,2))= 0,5146; koefisien determinasi (R2y(1,2))= 0,2648 ; Fhitung = 18,546 > Ftabel = 3,931. Sumbangan Relatif Gaya Belajar Siswa sebesar 41, 297% dan Sumbangan Efektif sebesar 10, 935%. Sumbangan Relatif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 58,703% dan Sumbangan Efektif sebesar 15, 545%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Siswa, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Komputer Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50455

Actions (login required)

View Item View Item