CARA-CARA GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA KABUPATEN MALINAU

Putri, Areani Eka and Murdanu, Murdanu (2017) CARA-CARA GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA KABUPATEN MALINAU. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Awalan fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img]
Preview
Text
BAB I. fix.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II. fix.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. fix.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. fix.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
BAB IV. fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V. fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
surat ijin penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara-cara guru mata pelajaran matematika dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMA Kabupaten Malinau. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi dengan jenis deskripsi dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru mata pelajaran matematika sebanyak 15 orang di 4 SMA negeri dan 3 SMA swasta yang ada di Kabupaten Malinau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrument berupa pedoman wawancara dan angket serta pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Teknik kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara-cara guru mata pelajaran matematika dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa yaitu : (1) Cara guru mengajar : menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa, menguasai kelas, berperilaku ramah namun tegas, memberikan humor dan games juga tidak memarahi siswa selama pembelajaran berlangsung, memberikan soal dan mengaplikasikannya, menggunakan sumber pembelajaran dari buku dan internet. (2) Cara guru melakukan persiapan : membaca dan mempelajari materi yang akan diajarkan, mencoba menyelesaikan beberapa soal yang akan diberikan, menentukan teknik pembelajaran. (3) cara guru menggunakan metode pembelajaran : menjelaskan pembelajaran dengan sesimpel mungkin, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, campuran, polia, dan metode cooperative, menggunakan alat dan media seadanya, (4) Cara guru mendukung dan mendampingi siswa : memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan, memotivasi siswa tentang pentingnya belajar matematika, mengingatkan tujuan utama siswa sekolah, Mengajarkan matematika dasar kepada siswa. Kata kunci : kemampuan guru, minat, prestasi siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:49
Last Modified: 30 Jan 2019 14:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49946

Actions (login required)

View Item View Item