Putri, Areani Eka and Murdanu, Murdanu (2017) CARA-CARA GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA KABUPATEN MALINAU. S1 thesis, UNY.
Text
Awalan fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
||
|
Text
BAB I. fix.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II. fix.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III. fix.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III. fix.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
BAB IV. fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
Text
BAB V. fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
surat ijin penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara-cara guru mata pelajaran matematika dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa SMA Kabupaten Malinau. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi dengan jenis deskripsi dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru mata pelajaran matematika sebanyak 15 orang di 4 SMA negeri dan 3 SMA swasta yang ada di Kabupaten Malinau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrument berupa pedoman wawancara dan angket serta pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif. Teknik kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara-cara guru mata pelajaran matematika dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa yaitu : (1) Cara guru mengajar : menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa, menguasai kelas, berperilaku ramah namun tegas, memberikan humor dan games juga tidak memarahi siswa selama pembelajaran berlangsung, memberikan soal dan mengaplikasikannya, menggunakan sumber pembelajaran dari buku dan internet. (2) Cara guru melakukan persiapan : membaca dan mempelajari materi yang akan diajarkan, mencoba menyelesaikan beberapa soal yang akan diberikan, menentukan teknik pembelajaran. (3) cara guru menggunakan metode pembelajaran : menjelaskan pembelajaran dengan sesimpel mungkin, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, campuran, polia, dan metode cooperative, menggunakan alat dan media seadanya, (4) Cara guru mendukung dan mendampingi siswa : memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan, memotivasi siswa tentang pentingnya belajar matematika, mengingatkan tujuan utama siswa sekolah, Mengajarkan matematika dasar kepada siswa. Kata kunci : kemampuan guru, minat, prestasi siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 06:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49946 |
Actions (login required)
View Item |