PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI

Ayu Pramesti, Atika and Sukardiyono, Sukardiyono (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbasis Pictorial Riddle untuk meningkatkan berpikir kritis perserta didik SMA dan (2) mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA yang menggunakan LKPD berbasis Pictorial Riddle pada sub materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Yogyakarta terhadap peserta didik kelas X. Tahap awal penelitian yaitu define untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design merupakan perancangan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, dan LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, soal pretest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Tahap develop, produk awal perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi untuk memperoleh kelayakan produk yang telah dirancang berdasarkan hasil validasi dan saran serta komentar validator. Kelayakan perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berdasarkan hasil analisis validitas Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI) dan analisis reliabilitas dengan menggunakan Percentage of Agreement (PA) dan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan secara terbatas pada peserta didik. Hasil ujicoba terbatas kemudian dianalisis guna mengetahui kelayakan LKPD dari sudut pandang peserta didik. Uji luas dilakukan setelah melakukan perbaikan dari hasil ujicoba terbatas. Hasil akhir uji luas berupa nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dan diperoleh nilai standard gain sebagai hasil peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis Pictorial Riddle layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai CVI sebesar 0,806667 (sangat baik) dan reliabilitas penilaian hasil LKPD dengan nilai PA sebesar 94% (reliabel). Nilai korelasi inter-rater untuk butir soal LKPD I yaitu 0,742 (reliable) dan LKPD II yaitu 0,995 (reliabel). Serta nila respon peserta didik terhadap LKPD sebesar 4,15 (baik) dan (2) besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik ditunjukkan dengan oleh nilai standard gain <g> sebesar 0,59 (sedang). Kata Kunci: LKPD, Pictorial Riddle, kemampuan berpikir kritis, Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:45
Last Modified: 30 Jan 2019 14:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49844

Actions (login required)

View Item View Item