Safitri, Anisa and Mahmudi, Ali (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 1 SRAGEN. S1 thesis, UNY.
|
Text
Bab 1.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (625kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
halaman cover.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Sragen sebanyak 10 kelas dengan total 364 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII F dengan 38 siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran saintifik sebagai kelas kontrol dan kelas VII G dengan 37 siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa, angket motivasi belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan dua cara yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik; dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan Efektivitas Antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT efektif ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen, (2) Pembelajaran Saintifik Efektif ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen. Untuk perbedaan efektivitas, (3) Tidak terdapat perbedaan signifikan antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Strategi REACT, Pembelajaran Saintifik, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 31 May 2017 07:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49362 |
Actions (login required)
View Item |