Ikranagara, Rendra Darari Fakhrin (2016) PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN JENIS KELELAWAR Subordo Microchiroptera PENGHUNI GUA KAWASAN KARST GUNUNG SEWU, GUNUNGKIDUL SEBAGAI BAHAN AJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.
|
Text
RENDRA DARARI F IKRANAGARA 12317244010.pdf Download (744kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui jenis-jenis kelelawar Subordo Microchiroptera peghuni gua karts Gunung Sewu, Gunungkidul, DIY dan mengetahui potensinya sebagai bahan ajar serta mengetahui kualitas modul pengayaan keanekaragaman jenis kelelawar pemakan serangga yang disusun sebagai bahan ajar keanekaragaman hayati peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini secara keseluruhan menggunakan metode Reseacrh and Developtmen (R&D) . Penelitian ini terbagi menjadi 3 tahapan, yang pertama adalah penelitian biologi mengenai keanekaragaman jenis kelelawar Subordo Microchiroptera penghuni gua kawasan karst Gunung Sewu, Gunungkidul, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di 27 gua sampel. Penelitian yang kedua adalah analisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar dengan tahapan identifikasi hasil penelitian, seleksi dan modifikasi hasil penelitian sebagai sumber belajar, dan penerapan pengembangan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi. Tahapan yang terakhir adalah pengemasan hasil penelitian sebagai bahan ajar dalam bentuk modul. Penelitian pada tahap ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development and production, implementation, dan evaluation), namun hanya dibatasi sampai tahap development. Hasil penelitian menunjukkan jika di kawasan karst Gunung Sewu, Gunungkidul ditemukan 11 spesies kelelawar Subordo Microchiroptera yang termasuk dalam 5 Famili. Hasil penelitian berpotensi untuk dikembangkan menjadi sumber belajar. Kualitas modul pengayaan keanekaragaman jenis kelelawar Subordo Microchiroptera penghuni gua kawasan karst Gunung Sewu, Gunungkidul, secara umum dikategorikan sangat baik menurut ahli materi sebesar 98%, sangat baik menurut ahli media sebesar 60%, baik menurut guru sebesar 65%, dan sangat baik atau sangat disetujui menurut tanggapan peserta didik sebesar 50%. Kata kunci: bahan ajar, Microchiroptera, modul pengayaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 19 May 2017 07:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49207 |
Actions (login required)
View Item |