Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru, Pola Asuh Orang Tua, dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Swasta di Kabupaten Gunungkidul

Tuwa, Pius Herman (2017) Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru, Pola Asuh Orang Tua, dan Iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Swasta di Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pius-herman-tuwa-14719251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru, pola asuh orang tua, dan iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS di 13 SMA swasta di Kabupaten Gunungkidul. Sampel sekolah sejumlah lima sekolah diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel siswa sebanyak 97 siswa ditentukan dengan teknik area proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket untuk variable kreativitas mengajar guru, pola asuh orang tua, iklim sekolah, serta dokumentasi untuk variable Prestasi belajar. Pengujian validitas instrument dilakukan dengan expert judgment dan confirmatory factor analysis, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan ganda, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kreativitas mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien (R2) sebesar 0,8%, dan kreativitas mengajar guru termasuk kategori tinggi (74,23%); (2) pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien (R2) sebesar4,3%, dan pola asuh orang tua termasuk kategori sedang (59,80%) ; (3) iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien (R2) sebesar 37,6%, dan iklim sekolah termasuk kategori tinggi (63,92%); (4) kreativitas mengajar guru, pola asuh orang tua, iklim sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi efektif (R2) sebesar 42,4%. Hal ini berarti kreativitas mengajar guru, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara terpisah maupun secara bersama- sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Mengajar Guru, Pola Asuh Orang Tua, Iklim sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2017 02:47
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49155

Actions (login required)

View Item View Item