PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET SATUAN WAKTU MATEMATIKA (KUANTUM) UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI SARIKARYA YOGYAKARTA

Sidowati, Putrika Rahajeng (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET SATUAN WAKTU MATEMATIKA (KUANTUM) UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI SARIKARYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Putrika Rahajeng_12105241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu kuartet satuan waktu matematika (Kuantum) yang layak untuk pembelajaran matematika kelas V di SD Negeri Sarikarya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, uji coba pelaksanaan operasional, penyempurnaan produk akhir. Produk diuji cobakan kepada anak didik melalui tiga tahap uji validasi yaitu uji coba lapangan awal kepada 4 siswa, uji coba lapangan utama kepada 8 siswa dan uji coba pelaksanaan operasional kepada 10 siswa. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media dan siswa SD Negeri Sarikarya sebagai pengguna dan subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media permainan kartu Kuantum yang telah dikembangkan melalui serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,1 termasuk dalam kategori layak, penilaian ahli media dengan rata-rata skor 4,25 termasuk dalam kategori layak, uji coba lapangan awal mendapatkan presentase skor 80,5% termasuk dalam kategori layak, uji coba lapangan utama mendapatkan presentase 77,25% termasuk dalam kategori layak dan uji coba lapangan operasional mendapatkan presentase skor 76,4% termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media permainan kartu Kuantum untuk pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri Sarikarya Yogyakarta layak digunakan. Kata Kunci: Media permainan kartu Kuantum, Satuan waktu, Kelas V Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 16 Feb 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47100

Actions (login required)

View Item View Item