PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF BIDANG PEMESINAN DI SMK NASIONAL BERBAH

Muhammad Noor, Fitriyanto (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF BIDANG PEMESINAN DI SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF BIDANG PE.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran produktif bidang pemesinan di SMK Nasional Berbah; (2) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran produktif bidang pemesinan di SMK Nasional Berbah; (3) pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran produktif bidang pemesinan di SMK Nasional Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian jenis expost facto. Populasi penelitian sebanyak 103 siswa. Teknik sampling menggunakan simple random sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengujian prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis terdiri dari analisis bivariat, analisis multivariat. Selain itu juga terdapat uji koefisien determinasi (R^2), uji F, dan Uji t. Untuk mengetahui besarnya sumbangan masing masing prediktor terhadap kriterium menggunakan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, dengan nilai r sebesar 0,463 pada taraf signifikansi 5 %; (2) adanya pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar dengan nilai r sebesar 0,342 pada taraf signifikansi 5%; (3) adanya pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan gaya belajar secara bersama sama terhadap hasil belajar dengan nilai F sebesar 16,224 pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: motivasi belajar, gaya belajar, hasil belajar, pelajaran produktif pemesinan SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 06 Feb 2017 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 13:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46751

Actions (login required)

View Item View Item