Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Bidang Boga Dengan Project Based Learning Pada Siswa SMK Ma’arif 2 Sleman

Rachmawati, Eka (2016) Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Bidang Boga Dengan Project Based Learning Pada Siswa SMK Ma’arif 2 Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-rachmawati-14702251066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah menerapkan pendekatan Project Based Learning. 2) mengetahui peningkatan kompetensi kognitif peserta didik 3) mengetahui peningkatan kompetensi sikap berwirausaha peserta didik. 4) mengetahui peningkatan kompetensi keterampilan pembuatan produk wirausaha.5) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kompetensi kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X Boga pada Program Keahlian Tata Boga SMK Ma’Arif 2 Sleman, sebanyak 38 peserta didik yaitu 30 wanita dan 8 laki-laki dengan kemampuan yang heterogen. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, angket dan tes. Pengujian validitas dilakukan dengan Expert Judement dan ITEMAN, dengan hasil instrument dapat digunakan untuk pengambilan data. Pengujian Reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dengan hasil 0,834. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas peserta didik mengalami peningkatan sebesar 47,50%, yaitu pada siklus I sebesar 52,50% dan siklus II sebesar 100%. (2) Kompetensi kognitif peserta didik mengalami peningkatan sebesar 42,10% yaitu pada siklus I sebesar 55,35% dan siklus II sebesar 97,45%. (3) Kompetensi afektif peserta didik mengalami peningkatan sebesar 39,50% yaitu siklus I sebesar 52,60% dan siklus II sebesar 92,10%. (4) Kompetensi psikomotor peserta didik mengalami peningkatan 26% yaitu pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 100%. (5) Hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan sebesar 71% yaitu pada siklus I sebesar 26 % dan siklus II sebesar 97 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, kompetensi kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jan 2017 02:45
Last Modified: 24 Aug 2022 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46327

Actions (login required)

View Item View Item