TUTY MARYATI, TUTY MARYATI (2016) FOLKLOR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI NILAI KARAKTER (STUDI ANALISIS TEKS PADA SATUA BALI). In: sumber pembelajaran sejarah.
Other (Prosiding)
24.TUTI_UNDHIKSA.swf Download (117kB) |
Abstract
Bali dikenal dengan berbagai aspek kebudayaan tradisionalnya termasuk berbagai ragam folklor. Selain itu Bali juga dikenal sebagai salah satu pulau penyelamat naskah sastra Nusantara, terutama dari Jawa, Bali, dan Lombok yang tersimpan atau ditulis dalam bentuk buku atau lontar. Salah satu bentuk folklor lisan, yakni satua atau cerita rakyat Bali memiliki banyak fungsi dan peran strategis, antara lain sebagai alat pengesahan pranata-pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan, sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota kolektifnya, dan sebagai alat pendidikan (pedagogical device) dan pembelajaran bagi anak, baik di keluarga, masyarakat (kolektif tertentu) maupun lembaga sekolah sebagai media, sumber dan bahan pembelajaran. Dengan pendekatan penelitian kualitatif, kajian teks terhadap tiga satua Bali ditemukan nilai-nilai kearifan lokal yang sangat penting bagi pembangunan karakter peserta didik dan memiliki manfaat strategis sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA. Kata kunci: folklor, sumber pembelajaran sejarah, nilai-nilai karakter
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosiding |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 02:48 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 02:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45893 |
Actions (login required)
View Item |