ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Ahmad, Fauzan (2011) ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Perakitan Komputer untuk SMK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat dan menguji kelayakan media pembelajaran perakitan komputer untuk SMK. Media tersebut dapat digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran ini dirancang dan dibuat dengan mengkombinasikan berbagai macam obyek multimedia seperti teks, gambar, animasi dan tombol interaktif. Bahan materi pelajaran yang digunakan dalam media ini adalah teori-teori perakitan komputer. Metode penelitian ini adalah Research and Development (penemuan, pengembangan dan pengujian produk) yang bersifat longitudinal (beberapa tahap). Adapun tahap – tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut : 1) analisis kebutuhan, 2) mengembangkan desain pembelajaran, 3) mengimplementasikan 4) melakukan pengujian terhadap produk hasil pengembangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket tertutup. Pada tahap validasi melibatkan ahli media pembelajaran sebagai penilai serta penguji kelayakan media yang dikembangkan, sedangkan para siswa digunakan sebagai uji pemakaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah berupa media pembelajaran perakitan komputer untuk SMK. Hasil uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran ditinjau dari aspek desain mendapatkan persentase sebesar 80,38 % (kategori sangat layak), ditinjau dari aspek kejelasan informasi 89,44 % (kategori sangat layak) sehingga total persentase adalah 84,09 % (kategori sangat layak). Hasil uji pemakaian dari siswa memperoleh persentase sebesar 74.56 %. Tingkat validitas secara keseluruhan dari semua responden adalah 79,51 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran perakitan komputer dalam penelitian ini layak digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar di SMK. Kata kunci : Pengembangan, media pembelajaran, perakitan komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jan 2017 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45834

Actions (login required)

View Item View Item