PERAN GURU SEJARAH DALAM PENDIDIKAN NILAI (SUATU REFLEKSI)

Uun Lionar, Uun Lionar (2016) PERAN GURU SEJARAH DALAM PENDIDIKAN NILAI (SUATU REFLEKSI). In: Guru, Sejarah.

[img] Other (Prosiding)
11.UUN_PASCA UPI.swf

Download (100kB)

Abstract

Keberhasilan guru sejarah meyampaikan pesan nilai dari setiap peristiwa sejarah terletak pada kreativitas guru menggunakan metode dan menerjemahkan kurikulum dalam proses pembelajaran. Pesan nilai sejarah sangat penting disampaikan kepada siswa, karena dengan mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam setiap tokoh dan peristiwa sejarah akan merubah kesan pada diri siswa yang selama ini memandang mata pelajaran sejarah sebagai hafalan yang membosankan. Hal demikian terjadi karena pemahaman siswa terhadap masa lalu yang dangkal dan ketidakmampuan guru menerjemahkan kurikulum, sehingga siswa hanya memperoleh sebatas pengetahuan kognitif dalam bentuk hafalan fakta sejarah, konsep, jalan suatu peristiwa, penyebab dan akibat suatu peristiwa. Oleh sebab itu, penggunaan pendekatan moral dalam pembelajaran memungkinkan lebih tepat untuk digunakan. Dengan penggunaan pendekatan ini akan terjadi dinamisasi dalam pembelajaran sejarah. Siswa akan memahami peristiwa masa lalu dengan penuh makna sehingga keterkaitan antara dimensi masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang dipahami oleh siswa. Kata Kunci : Pendidikan Nilai, Kurikulum, Pendekatan, Guru, Sejarah, Kreativitas

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:47
Last Modified: 13 Jan 2017 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45818

Actions (login required)

View Item View Item