Kustanta, Joko (2010) Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul Tahun 2008/2009. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-joko-kustanta-01735166.swf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul, dan (2) faktor-faktor yang menjadi kendala dalam implementasi KTSP di SMA Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sebagai pihak yang terkait langsung dengan penyusunan KTSP. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan komponen data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi KTSP di SMA Negeri 1 Imogiri sudah berjalan cukup baik. Perencanaan KTSP sudah dilaksanakan dengan melibatkan semua stakeholders, perencanaan menjelang tahun ajaran baru, disesuaikan dengan visi sekolah, kondisi sekolah, kebutuhan siswa, dan menerima masukan-masukan dari pihak-pihak terkait. Pengorganisasian KTSP dilakukan dengan adanya pembagian tugas, tim pengembangan, pemberian tugas berdasarkan latar belakang pendidikan dan kemampuan guru, disesuaikan dengan standar isi dan standar kompetensi lulusan (SKL). Pelaksanaan KTSP ditunjukkan dengan kesiapan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kemampuan guru melaksanakan RPP, penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, interaksi siswa cukup baik. Pengendalian KTSP dilakukan dengan melibatkan semua stakeholder, meminta masukan-masukan dari semua pihak. Hal-hal yang masih kurang dalam implementasi KTSP adalah dalam perencanaan belum semua guru terlibat dalam memberikan masukan pada saat perencanaan KTSP. Dalam pengorganisasian KTSP, guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) belum sesuai dengan latar belakang ijazah, dan belum semua guru diberdayakan dengan baik. Dalam pelaksanaan, adanya guru yang belum menguasai penggunaan alat elektronik seperti LCD, metode dan media pembelajaran yang digunakan sejumlah guru kurang sesuai dengan KTSP, interaksi sejumlah siswa masih rendah. Sementara dalam pengendalian adalah belum semua guru terlibat dalam pelaksanaan workshop pengendalian KTSP, dan metode pengendalian kurang variatif. Implementasi KTSP dapat meningkatkan standar ketuntasan, tingkat kenaikan kelas, dan tingkat kelulusan siswa di SMA Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul. Faktor-faktor yang menjadi pendukung implementasi KTSP yakni: (1) tingkat pendidikan guru yang tinggi, (2) ketersediaan dana, dan (3) kerjasana yang baik dari warga sekolah. Sementara faktor penghambat, yakni:(1) keterbatasan kemampuan guru, (2) keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, (3) kemauan guru untuk berubah rendah, (4) dukungan yang rendah dari orangtua, dan (5) keterbatasan waktu untuk pelaksanaan KTSP.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 14 Nov 2016 02:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43571 |
Actions (login required)
View Item |